MELIMPAH

Ibadah pertama JPCC
Service 1 - The Kasablanka
By Ps Jussar Badudu

Tema tahun 2017 : ALIVE

Momen tahun baru sering dijadikan moment restart. Bukan hanya tahun yang baru, ada bulan baru bahkan detik baru.
Tuhan akan dukung apapun yang kita lakukan selama itu ada dalam rencana Tuhan.

Tuhan jauh lebih ingin kita naik dibanding kita sendiri. Dia mau hidup kita melimpah.

Yohanes 10:10
Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.

Bukan saja kehidupan kekal tapi juga hidup yang melimpah. Melimpah itu artinya sampai tumpah keluar karena kebanyakan.
Melimpah sering dikonotasikan sebagai sesuatu yang positif.

Efesus 2:4-5
Tetapi Allah yang kaya dengan rahmat, oleh karena kasih-Nya yang besar, yang dilimpahkan-Nya kepada kita, telah menghidupkan kita bersama-sama dengan Kristus, sekalipun kita telah mati oleh kesalahan-kesalahan kita -- oleh kasih karunia kamu diselamatkan --

Sejak terima Tuhan, kita bukan hanya hidup untuk bertahan hidup.
Karena Tuhan kaya dan kasihnya besar maka hidup kita melimpah dan lebih hidup.
Dia mau memimpin, membimbing dan memberitahu rencana kehidupan kepada kita.

Waktu potensi kita terpakai sesuai dengan potensi apa yang Tuhan taruh maka hidup kita melimpah.
Tanpa Roh Kudus hidup kita no rushes dan no goal, hidup kita tidak bisa melimpah.

Tanpa Roh Kudus, tidak ada pembimbing. Dia ingin hidup kita melimpah sesuai dengan pribadi kita.

Efesus 5:32
Rahasia ini besar, tetapi yang aku maksudkan ialah hubungan Kristus dan jemaat.

Rahasia ini bukan rahasia lagi karena sudha diberitahukan.
Rahasia hidup berkelimpahan adalah hubungan kita dengan Tuhan.

Maz 23:1-3
Mazmur Daud. Tuhan adalah gembalaku, takkan kekurangan aku.   Ia membaringkan aku di padang yang berumput hijau, Ia membimbing aku ke air yang tenang;  Ia menyegarkan jiwaku. Ia menuntun aku di jalan yang benar oleh karena nama-Nya.

Daud tahu bahwa dia tidak akan kekurangan. Bukan berarti dia tidak mengalami pergumulan. Dia tetap akan mengalami pergumulan tapi dia tahu bahwa dia tidak akan pernah mengalami kekurangan.

Domba makanannya adalah rumput. Daud berkata perihal membaringkan di padang rumput yang hijau. Gambaran bahwa dia dibaringkan bahkan di atas makanannya. Domba tidak akan tidur di tempat yang tidak aman, tapi ini dibaringkan di padnag rumput hijau. Menggambarkan bahwa Tuhan sebagai gembala akan menjaga dan melindungi sehingga kita bisa tidur berbaring di padang rumput dengan aman.

Bahkan dibawa ke air yang tenang untuk minum. Di air tenang juga bukan tidak mungkin ada buaya, tapi ini perumpamaan bahwa keamanan si domba terjamin oleh si gembala.

Ia menuntun aku di jalan yang benar, menggambarkan bahwa Tuhan mau menuntun setiap langkah kita.

Kita bicara tentang kelimpahan, kelimpahan apa yang dimaksud?

Mari kita lihat, ada 2 macam orang. Yaitu orang yang tidak kelimpahan dan orang yang kelimpahan.

Ciri orang yang tidak kelimpahan
1. Orang yang tidak melimpah adalah orang yang berusaha dan berupaya untuk memuaskan diri sendiri dengan kekuatan sendiri meskipun sudah punya. Orang yang tidak pernah merasa cukup.

Pengkotbah 5:10
Dengan bertambahnya harta, bertambah pula orang-orang yang menghabiskannya. Dan apakah keuntungan pemiliknya selain dari pada melihatnya?

2. Tidak mengeluarkan potensi dalam kehidupannya.

Sehingga walaupun sudah punya tapi rasanya tidak melimpah dan tetap ada yang kosong.

Tragedi terbesar bukan hanya punya 1 talenta tapi gagal menggunakannya.

3. Orientasinya diri sendiri (aku)
Pengkotbah 2:10-11
Aku tidak merintangi mataku dari apa pun yang dikehendakinya, dan aku tidak menahan hatiku dari sukacita apa pun, sebab hatiku bersukacita karena segala jerih payahku. Itulah buah segala jerih payahku. Ketika aku meneliti segala pekerjaan yang telah dilakukan tanganku dan segala usaha yang telah kulakukan untuk itu dengan jerih payah, lihatlah, segala sesuatu adalah kesia-siaan dan usaha menjaring angin; memang tak ada keuntungan di bawah matahari.

Blm tentu tidak punya tapi jadi sia-sia karena tidak pernah puas bahkan tidak pernah bersyukur. Bahkan dalam melakukan segala sesuatu dibandingkan dengan orang lain.

Kehidupannya tidak melimpah karena selalu iri melihat kehidupan orang lain

Amsal 14:30
Hati yang tenang menyegarkan tubuh, tetapi iri hati membusukkan tulang.

Timbul iri hati karena orientasi diri sendiri

Sedangkan kebalikan dari orang yang tidak kelimpahan adalah orang yang kelimpahan.
Orang yang melimpah hidupnya orientasi terhadap Tuhan/hidupnya disenangkan oleh Tuhan.

Ciri orang yang melimpah
1. Sadar dia MILIK Kristus
Roma 8:32
Ia, yang tidak menyayangkan Anak-Nya sendiri, tetapi yang menyerahkan-Nya bagi kita semua, bagaimanakah mungkin Ia tidak mengaruniakan segala sesuatu kepada kita bersama-sama dengan Dia?

Yohanes 6:35
Kata Yesus kepada mereka: “Akulah roti hidup; barangsiapa datang kepada-Ku, ia tidak akan lapar lagi, dan barangsiapa percaya kepada-Ku, ia tidak akan haus lagi.

2. Mau memberi
Hendaklah generosity jadi bagian dari gaya hidup.

Maleakhi 3:10
Bawalah seluruh persembahan persepuluhan itu ke dalam rumah perbendaharaan, supaya ada persediaan makanan di rumah-Ku dan ujilah Aku, firman Tuhan semesta alam, apakah Aku tidak membukakan bagimu tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan.

Lukas 6:38
Berilah dan kamu akan diberi: suatu takaran yang baik, yang dipadatkan, yang digoncang dan yang tumpah ke luar akan dicurahkan ke dalam ribaanmu. Sebab ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu.”

Supaya Allah juga memberikan kepadamu dan kamu menerima pemberian yang berlimpah - limpah, hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan memberi.

3. Selalu tersambung
Yohanes 16:24
Sampai sekarang kamu belum meminta sesuatu pun dalam nama-Ku. Mintalah maka kamu akan menerima, supaya penuhlah sukacitamu.

Efesus 3:20
Bagi Dialah, yang dapat melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kita,

Orang yang berkelimpahan selalu tersambung dengan sumber segala sumber.

Yohanes 15:5
Akulah pokok anggur dan kamulah ranting-rantingnya. Barangsiapa tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, ia berbuah banyak, sebab di luar Aku kamu tidak dapat berbuat apa-apa.

Yohanes 14:12
Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa;

Jika kita melakukan pekerjaan -pekerjaan yang lebih besar, itu merupakan salah satu tanda bahwa hidup kita berkelimpahan.

Dan sebagai ayat penutup :
Mazmur 23:5
Engkau menyediakan hidangan bagiku, di hadapan lawanku; Engkau mengurapi kepalaku dengan minyak; pialaku penuh melimpah.

Lawan di sini bicara tentang segala sesuatu yang kita hadapi.

No comments:

Post a Comment