Insight 18 Jan 2017

Start from 01 Jan 2017, I write both in English and Indonesian. Please scroll down for English. Enjoy your reading and feel free to leave comment! :)



Wah, hari ini saya sangat ngantuk! Haha. Gak penting juga ya untuk diceritain? Hm, sayangnya penting. Makanya saya sebutkan di awal. Hari ini saya sangat ngantuk!
Kenapa penting? Karena saat ngantuk, ternyata memang reaksi saya bisa berbeda. Reaksi kebanyakan orang setau saya juga berubah kalau lagi ngantuk atau gak fit.

Well, saya gak akan bahas masalah kesehatan di blog ini. Sesuai yang pernah saya jelaskan tentang pembagian niche blog, kalau mau baca apa yang saya tulis tentang kesehatan di sini aja. :)

Nah, hari ini di saat suasana hati saya juga jadi kacau yang entah karena jenuh dengan aktivitas atau memang karena efek ngantuk, saya diingatkan tentang email bertajuk soulfood yang saya baca dari Bro Bo. Di email tersebut, Bro Bo bicara tentang komitmen. Jika memang kita komitmen, kita akan lakukan hal yang benar, bukan jadi budak dari perasaan kita. Saya pernah bilang kalau perasaan itu harus diterima. Iya itu betul, agar kita bisa telaah apa sebabnya kita merasa demikian. Tapi kita tidak menjadi budak dari perasaan kita. Kita tidak di kontrol oleh perasaan kita.

Apakah saya sudah berhasil sesuai teori tersebut? Sangat disayangkan, saya harus mengakui kalau saya perlu BANYAK belajar perihal ini. Karena di saat tertentu, saya tenggelam dan hanyut oleh perasan saya sehingga saya bukannya melakukan apa yang benar tapi melakukan apa yang saya rasa nyaman dan enak di hati.

Permasalahannya, hidup kita tidak bisa cuma mengandalkan perasaan. Perasaan bisa naik turun tergantung oleh banyak faktor dan ditambah lagi perasaan itu tidak abadi. 5 menit berlalu, bisa jadi perasaan kita sudah berbeda.

Jadi, bagaimana saya mengatasinya?

Untuk saat ini, setiap kali saya down atau jengkel, saya dalam hati komunikasi sama Tuhan sih. Saya juga self-talk seakan memberikan kata-kata yang menenangkan ke orang lain. Saya juga bisa atasi dengan baca bible atau baca renungan tentang janji Tuhan. Atau dengar lagu yang menenangkan (jika lagi kesal), atau lagu yang agak upbeat (jika lagi loyo). Banyak cara yang bisa dicoba.

Tapi, cara paling jitu hanya berserah kepada Tuhan dan menjaga hubungan yang lekat dengan TUHAN sehingga kita juga tidak diombang-ambing setiap kali ada rintangan.
Masih jadi pekerjaan rumah buat saya, tapi saya senang dan bersyukur, Tuhan ijinkan saya lalui saat-saat ini agar saya banyak belajar tentang berserah, percaya kepada rancangan Tuhan dan percaya dengan tuntunan tangan-Nya.
Saya dan kita semua butuh tuntunan tangan Tuhan, mendekatlah kepada Tuhan.

Keep praying, keep your faith and keep trying!

1 Petrus 5 : 6 - 11 (TB)
(6)Karena itu rendahkanlah dirimu di bawah tangan Tuhan yang kuat, supaya kamu ditinggikan-Nya pada waktunya. (7)Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu. (8)Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya. (9)Lawanlah dia dengan iman yang teguh, sebab kamu tahu, bahwa semua saudaramu di seluruh dunia menanggung penderitaan yang sama. (10)Dan Allah, sumber segala kasih karunia, yang telah memanggil kamu dalam Kristus kepada kemuliaan-Nya yang kekal, akan melengkapi, meneguhkan, menguatkan dan mengokohkan kamu, sesudah kamu menderita seketika lamanya. (11)Ialah yang empunya kuasa sampai selama-lamanya! Amin.





----------------------------------------- ****************************** ------------------------------





Wow, today I am so sleepy! Haha. It is not important to tell you that I am sleepy, huh? Well, it is important, that's why I told you that I am so sleepy today. Why is it important? Because when I am sleepy, the way I react become so different. I do believe it also happen to other person when they are sleepy or unwell.

Well, I'm not going to talk about health here. I have other place to write about health. :)

Today when my mood so chaos and I have no idea is it because I am bored with my daily life routine or simply because I am so sleepy, I been reminded by an email called soulfood from Bro Bo. In that email, Bo Bo talked about commitment. If we are really commit, we will do the right thing and not be a slave from our feelings. I have written about emotions must be accepted first so you can think, ponder and find out what makes you feel that. But we not become a slave from our feelings or emotions, we are not controlled by it.

Am I already success with that theory? Well, unfortunately I still HAVE TO LEARN about this. because in some point, I am so driven by my emotions or feelings and that makes me not do what is right but do what I feel right or makes me feel good.

The problem is, in life we can't depend on our feelings or emotions. It can be up and down, depend on so many factors. And our feelings or emotions are not fixed, 5 mins different and it can be changed already!

So, how I handle it?

For now, everytime I feel down or upset, I talked to God. I do slef-talk like I am giving calming advice to others. I do read bible verses or bible reading plan about God's promises. Or listening to calming music (if I am upset) or upbeat music (if I am down). Many ways to try.

But, the most effective is surrender to God and keep a close relationship with God, so we are not carried away every time trial come. It is a homework for me, but I am so glad and grateful that God allow me to go through this stage so I can learn about surrender to God, believing in His plan and believe in His guidance.

Me and all of us need His guidance, come closer to Him!

Keep praying, keep your faith and keep trying!

1 Peter 5 : 6 - 11 (ERV)
(6)So be humble under God’s powerful hand. Then he will lift you up when the right time comes. (7)Give all your worries to him, because he cares for you.
(8)Control yourselves and be careful! The devil is your enemy, and he goes around like a roaring lion looking for someone to attack and eat.
(9)Refuse to follow the devil. Stand strong in your faith. You know that your brothers and sisters all over the world are having the same sufferings that you have.
(10)Yes, you will suffer for a short time. But after that, God will make everything right. He will make you strong. He will support you and keep you from falling. He is the God who gives all grace. He chose you to share in his glory in Christ. That glory will continue forever. (11)All power is his forever. Amen.

No comments:

Post a Comment