Labels

Insight 24 July 2018 (part two) | Free will vs His will

Melanjutkan apa yang saya sampaikan kemarin di sini, hari ini saya usahakan sampaikan secara singkat dan tuntas, hehe. Setelah diingatkan untuk fokus hanya kepada Tuhan dan bukan kepada kekhawatiranmu/Mamon (baca atius 6:24 versi AMP untuk penjelasan lebih detail perihal mamon), diingatkan lagi bahwa sendi dunia ini sudah mau rontok, apa lagi yang sesungguhnya mau dikejar? Saya langsung terpikir, mau kejar mamon mau seperti apa lagi dan mau sebanyak apa? Jika bumi ini berlalu, apa gunanya pula mamon yang kita kejar itu?


Fokus kepada Tuhan. Tuhan tau apa yang kau butuhkan, dan Tuhan tau apa yang diinginkan dan dirindukan hatimu. Fokus kepada Tuhan, apa yang hatimu inginkan akan berbalik mengejar engkau.


Dan yang membuat saya lebih terkejut adalah saya sekilals sempat memikirkan perihal pasangan hidup, dan selang beberapa detik, pendetanya berkata bahwa tidak perlu khawatir dengan pasangan hidup, kok bisa pas bener. Berasa ditegor. Hehe.


Lalu, di tengah kekhawatiran dan ketakutan saya dalam menjalin hubungan, tiba-tiba saya mendapat pemikiran, seperti Tuhan berbicara kepada saya, karena rasanya saya ditenangkan. Saya dengar Dia menjelaskan kepada saya, pasangan hidup yang dari Tuhan, pasti yang terbaik dan semua ada di dalam rencana-Nya. Apakah kau percaya rancangan-Nya adalah yang terbaik? Apakah kau percaya bahwa Tuhan yang memegang kendali atas hidupmu?


Sebelumnya, saya khawatir akan keadaan hubungan yang hancur, ditambah lagi jaman now gitu, banyak banget kisah rumah tangga yang hancur, dan beberapa saya dengar sendiri dari orang-orang yang dekat dengan saya. Dan saya diingatkan lagi, manusia hanya bisa melihat 1 frame hidupnya dalam 1 waktu. Jika kamu liat secuplikan cerita atau hanya 1 episode saja, maka kelihatannya tidak baik. Tapi jika kau lihat dari keseluruhan cerita, bisa jadi apa yang terlihat tidak baik sesungguhnya membawa kebaikan.

Hey! Tuhan kita adalah Tuhan yang lebih dari mampu untuk merubah sesuatu yang buruk menjadi sesuatu yang baik. Dia bukan hanya lebih dari mampu, tapi Dia uda spesialisnya kalau boleh saya katakan. Seperti kisah-kisah populer di alkitab, mulai dari Abraham yang harus menanti lama sampai mendapatkan Ishak, kisah Yakub yang harus mengembara dulu, kisah Yusuf yang harus dibuang dan dijual dulu, kisah Daud yang melewati berbagai macam hal yang kelihatannya menyakitkan. Di balik semua yang terlihat bikin galau itu, ada kisah yang indah.


Dan saya jadi memahami. Itu lah sebabnya kenapa penting untuk dekat dan mengenali suara Tuhan Allahmu. Karena jika kita dekat dengan hati-Nya, masakan kita bisa tidak mengenali arahan-Nya? Apapun yang terjadi dalam hidupmu, semua ada dalam rancangan-Nya, tidak ada yang kebetulan, bahkan jika sesuatu yang kelihatannya sial atau malang.

Dan saya dapat insight, betul Tuhan memberikan manusia free will, karena Tuhan ingin hubungan dengan manusia, bukan robot toh. Tapi, kehendak-Nya lah yang terlaksana. Walaupun kamu punya free will, tetap hidupmu ada dalam kendali-Nya. Bukan karena Dia otoriter terhadap kamu, tapi justru karena Dia terlampau mencintaimu, sehingga Dia hanya rancangkan yang terbaik bagimu.

Contoh :
Seorang anak pastinya punya kehendak bebas, tapi jika apa yang akan dilakukan akan membahayakan dirinya, apakah orang tua dari anak tersebut akan mengambil tindakan untuk mencegah hal buruk terjadi atas anaknya? Yang manusia saja ingin melindungi anaknya, apalagi Bapa kita di surga.

Jadi, fokus sama Tuhan, kenali suara-Nya. Hal itu jauh lebih penting, karena kamu bisa menghindari hal-hal yang bisa mendukakan hatimu. Pergunakan free will kamu dengan bijaksana dan bertanggungjawab. Dan jika pun kebablasan, Tuhan lebih dari sanggup mengubah kemalangan menjadi kebaikan. Dan percaya lah, bahkan sekalipun hal yang kelihatan buruk terjadi, semua itu ada dalam kendali Tuhan dan Dia yang Maha Tahu sudah lebih dahulu tahu sebelum hal itu menimpa engkau. Masalahnya, seandainya Dia memberi peringatan kepadamu, apakah kamu bisa mendengar-Nya? Atau lebih tepat pertanyaannya, jika Dia berbicara, akan kah kau taat kepada suara-Nya?


___________________________________ ****************************** ___________________________________



This post is part two from this post. I try to make it simple and finish it in this post.



After I have been reminded about focus only to God instead of your worries, I am also been reminded that this world is going to fall, so, what mammon (Matthew 6:24, AMP) are you chasing of? And then I thought, what kind of mammon I am chasing and how much more I need? If this earth shall passed, what's that mammon used for?

Focus on God. He knew what you need and what your heart desired. Focus on God, so what you chasing for will be turning to chase you.


And what surprise me was that I at a glance thought about spouse, the pastor told us to not worry about your future spouse. I feel like, "what? I just thought about that and what a coincidence you remind me to not worry about that"


I was afraid of building any serious romantic relationship. I worry about that because nowadays so many marriage failed. I heard some stories about how it ruin, and some stories are from people around me. And then, suddenly I got insight, like God is talking to me, because I feel calm and comfort. I heard He remind me, my future spouse from God should be the best suit me and all is in His control. What matter is, do you believe that His plan is the best plan? Do you believe that God is in control?

If you don't believe, you can't let Him to guide you.



And then I am reminded that human can only see one frame/one episode of the whole story at a time, so you can easily think that what happen is not a good thing. But, if you look to whole story, you can see, what looks like a bad thing at the beginning, actually bring a good thing in your life.


Hey! Our God is more than enough to turn that bad things to a good things for you. And not only you who have to go through hard time. Look at Abraham, he had to wait many years before Isaac born. See Jacob, he have to run away from his brother that want to kill him. Look at Joseph, he been sold to be a slave, way before he become someone so powerful in Egypt. Look at David, he have to go through many hard time before and after he became a king. But one thing for sure, there is a sweet and beautiful ending for all of them.


And I understand now, why it is so important to be close to His heart and recognize His voice. If we close to Him, we can easily recognize His voice so we don't have to go through a bad situation or wrong decision. Whatsoever happen in your life is in His control. There are no coincidence, even bad things happen in your life.

And I got insight. It is true that God gave us free will, that why we are human, not a robot. But do remember, only His will, will be done. Even you have free will, your life still in His control. It's not because He want to dominate you, but because He loves you so much so He only gave the best plan for you.


I give you example :
A child must be have his/her free will, but if that child is going to do something dangerous for himself/herself, you as a parent, will u let it happen or you will try to stop it and avoid it to be happen? If you say you will try to stop it, as a human, u try to protect your child. How come our Father in Heaven just sit down and watch?? He must be try hard to avoid us from "bad luck".


So, focus on God, know His voice. Because it is way more important, because you can avoiding those "bad luck" or bad things happen toward you. Use you free will with responsibility and wisely. And if you already make a decision that looks like leading you to bad things in you life, remember, our God is more than able to turn it out as a good thing.

And trust Him. Even bad things happen, all in His control. And He already knew what will going on.
What matter is, if He speaks to you, can you hear His voice? Or, if you can hear to His voice, will you listen and obey to His guidance?

No comments:

Post a Comment