Labels

Insight 25 Jan 2017 - Face Your Fears, Face Your Golliath!

Start from 01 Jan 2017, I written both in English and Indonesian. Please scroll down for English. Enjoy your reading! :)



Semalam saya pas banget lagi ngobrol sama teman saya, mendadak teringat sesuatu yang Tuhan ingatkan ke saya beberapa hari lalu.

Jadi gini, saya seringkali berpikir, jika hidup ini adalah peperangan, saya akan memilih musuh yang bisa saya hadapi, yang saya rasa minimal setara dengan saya sehingga saya lebih percaya diri bisa mengalahkan musuh tersebut.


Dan hari minggu lalu saat di gereja, bahkan sebelum khotbah mulai, tiba-tiba saya diingatkan 3 point dari kisah Daud melawan Golliat:
1. Para serdadu merasa tidak mampu melawan Golliat yang merupakan raksasa. Mereka hanya berpikir mereka mampu melawan hanya manusia yang sejajar dengan mereka. Apa bedanya saya dengan para serdadu itu dengan memilih lawan yang setara atau lebih lemah dari saya?

2. Daud memilih melawan Goliat bukan karena dia merasa mampu. Daud bahkan terkenal kecil dibandingkan para serdadu. Dia melawan Goliat dan berhasil mengalahkan hanya dengan batu!
Kenapa Daud maju dan berani? Karena dia yakin, Tuhan beserta dia, bukan karena kekuatannya sendiri!
Lalu, dengan jelas saya diingatkan, apakah saya takut melawan raksasa karena saya mengandalkan diri saya bukannya mengandalkan Tuhan?

3. Setelah mengalahkan Goliat, Daud mendapatkan hadiahnya. Yaitu mendapat kekayaan yang besar jumlahnya, menikahi putri raja dan keluarganya dibebaskan dari pajak ( 1 Samuel 17). Sesuatu yang besar bukan??



Tuhan mengingatkan saya,jika saya bertanya kenapa hidup saya begini aja, tidak ada sesuatu yang besar, ya karena saya tidak melawan Goliat yang berujung pada reward yang besar itu! Goliat itu hanya menutupi reward yang akan saya terima!


Setelah diingatkan 3 point itu, saya langsung merasa malu!

Saya mengerti, menghindari suatu masalah bukannya menyelesaikan masalah. Menghindari fase kehidupan tidak akan membuat segalanya baik, malah memburuk karena kita yang akan diinjak oleh ketakutan.

Kita harus hadapi ketakutan kita karena ketakutan kita hanya ada di pikiran kita. Ada riset yang menyatakan 98% ketakutan kita tidak terbukti dan tidak terjadi!


So, keep faith to God, hold His word! He will never fail you!



-------------------------------------------------- *********************************** --------------------------------------------------


Last night when I talked with my friend, suddenly I am reminded about what God reminding me few days ago.

Many times I think if this life is a war zone, I will choose enemy that I can conquer so I will have more confident to defeat that enemy.

And last sunday when I'm at church, even before the sermon started, God remind me 3 things to learn from David vs Golliath:
1. Soldiers feel and think that they can only facing another soldiers that normal human size, they can't fighting to Golliath who is giant. They choose just to fight enemy who is in equal with them. So, what the difference between me and those soldiers?

2. David choose to fought Golliath not because he feel that he capable. Even David's size are smaller than soldiers. But, he defeated Golliath just using stone! So, why is he so brave to fight? He fought Golliath because he knows that GOD is with him, he not fight with his own strength.
God reminded me, am I affraid facing my Golliath because I'm using my own strength and not surrender to Him?

3. After David defeated Golliath, he got big reward. He got a lot of money, he marry King's daughter, and his family free from taxes (1 Samuel 17). Such a big reward, huh?


God reminded me, when I asked God why my life so mediocre? It is because I'm not facing and fight to my Golliath which lead me to those big rewards!
That Golliath just covering my big rewards!

After been reminded by those 3 points, I feel so ashamed!

I understand now, avoiding problems will not solving problems!
Avoiding life stages will not make everything better but make it worse, because you will be haunted by fears!


We have to facing our fears because fears only in our mind. And researches told us that 98% of our fears are never happened!


So, keep faith to God, hold His word! He will never fail you!

No comments:

Post a Comment