Labels

Hidup yang HIDUP

Ps Alvi Radjaguguk


Ada orang yang bernafas tapi tidak hidup.
Living but not alive.


Hidup tapi selalu merasa ada yang kosong.
Selalu wishing kalau nanti begini begitu, wishing dirinya hidup di masa depan, jadinya saat ini hidup tapi gak alive. Atau ada orang yang dihantui masa lalu, sehingga hidup tapi gak hidup.
Akhirnya hidupnya sembarangan karena gak ada life purpose. 
Hidup ngalir aja tapi ingat, air mengalir dari atas ke bawah.
Banyak koneksi tapi gak ada hubungan yang berarti. 
Bisa saja hidup di kalangan elite, tapi pertanyaannya adalah "are you alive?"
Tanpa disadari, jadinya hanya hidup bertahan.


Life is not to be endured but to be enjoyed.


Orang yang nikmatin hidup, hidup tuh berlalu gak berasa. Kalau hanya bertahan, jadinya gak bisa menikmati hidup.




Yohanes 14:6 TSI
Lalu Yesus menjawab, “Akulah jalan menuju kepada Bapa, dan dasar dari semua ajaran yang benar, dan Yang memberikan hidup yang selama-lamanya. Siapa pun tidak bisa datang kepada Bapa kecuali melalui Aku. 

John 14:6 AMP
Jesus said to him, “I am the [only] Way [to God] and the [real] Truth and the [real] Life; no one comes to the Father but through Me.


Akibat dari mengenal kebenaran yang sesungguhnya adalah the real life. Kesuksesan yang bisa kamu capai saat ini tidak bisa menandingi kehidupan yang bisa kamu dapatkan dalam-Ku.

Kata hidup dalam ayat tersebut berasal dr kata zoe yang artinya:
1. Keadaan di mana seseorang dikuasai kehidupan dan memiliki semangat hidup. 
2. Hidup dalam kepenuhan. 
3. Hidupnya asli, nyata, aktif dan kuat. 
4. Devoted to God and blessed.


Zoe berasal dari kata zao yang artinya:
1. Not lifeless, not dead
2. To enjoy real life
3. To have true life and worthy of the name
4. Active, blessed, endless in the kingdom of God
5. Living water, having vital power in itself and exerting the same upon the soul
6. To be fresh, strong, efficient





Yohanes 10:10 AMD
Pencuri datang hanya untuk mencuri, membunuh, dan membinasakan, tetapi Aku datang untuk memberi hidup. Hidup yang penuh dan baik.


Yang baik adalah hidup yang penuh, bukan hanya baik. Karena banyak yang hidup baik tapi tidak penuh.

Orang yang hidupnya penuh/utuh, tidak butuh orang lain atau sesuatu untuk membuat dia utuh. Ibarat kata bejana yang penuh, jikapun ada yang mau mengisi, hanya akan membuat luber keluar karena sesungguhnya dia sudah penuh. Dia tidak butuh pengakuan orang.
Sangat menyenangkan mempunyai saudara atau teman yang hidupnya penuh, karena dia tidak datang untuk mengambil dan meminta kita memenuhi hidupnya.

Tuhan ingin hidup kita penuh. Tapi, tidak setiap hari hidup kita baik. Kalau kita tidak hati - hati, kita mengijinkan hal - hal yang sifatnya hanya sementara menguras bejana kita sehingga tidak penuh. Kita yang tadinya utuh menjadi terkuras dan semakin berkurang.



Yohanes 4 : 1-18
(1)Ketika Tuhan Yesus mengetahui, bahwa orang-orang Farisi telah mendengar, bahwa Ia memperoleh dan membaptis murid lebih banyak dari pada Yohanes (2)-- meskipun Yesus sendiri tidak membaptis, melainkan murid-murid-Nya, -- (3)Ia pun meninggalkan Yudea dan kembali lagi ke Galilea.
(4)Ia harus melintasi daerah Samaria. (5)Maka sampailah Ia ke sebuah kota di Samaria, yang bernama Sikhar dekat tanah yang diberikan Yakub dahulu kepada anaknya, Yusuf. (6)Di situ terdapat sumur Yakub. Yesus sangat letih oleh perjalanan, karena itu Ia duduk di pinggir sumur itu. Hari kira-kira pukul dua belas. (7)Maka datanglah seorang perempuan Samaria hendak menimba air. Kata Yesus kepadanya: “Berilah Aku minum.” (8)Sebab murid-murid-Nya telah pergi ke kota membeli makanan. (9)Maka kata perempuan Samaria itu kepada-Nya: “Masakan Engkau, seorang Yahudi, minta minum kepadaku, seorang Samaria?” (Sebab orang Yahudi tidak bergaul dengan orang Samaria.) (10)Jawab Yesus kepadanya: “Jikalau engkau tahu tentang karunia Allah dan siapakah Dia yang berkata kepadamu: Berilah Aku minum! niscaya engkau telah meminta kepada-Nya dan Ia telah memberikan kepadamu air hidup.” (11)Kata perempuan itu kepada-Nya: “Tuhan, Engkau tidak punya timba dan sumur ini amat dalam; dari manakah Engkau memperoleh air hidup itu? (12)Adakah Engkau lebih besar dari pada bapa kami Yakub, yang memberikan sumur ini kepada kami dan yang telah minum sendiri dari dalamnya, ia serta anak-anaknya dan ternaknya?” (13)Jawab Yesus kepadanya: “Barangsiapa minum air ini, ia akan haus lagi, (14)tetapi barangsiapa minum air yang akan Kuberikan kepadanya, ia tidak akan haus untuk selama-lamanya. Sebaliknya air yang akan Kuberikan kepadanya, akan menjadi mata air di dalam dirinya, yang terus-menerus memancar sampai kepada hidup yang kekal.” (15)Kata perempuan itu kepada-Nya: “Tuhan, berikanlah aku air itu, supaya aku tidak haus dan tidak usah datang lagi ke sini untuk menimba air.” (16)Kata Yesus kepadanya: “Pergilah, panggillah suamimu dan datang ke sini.” (17)Kata perempuan itu: “Aku tidak mempunyai suami.” Kata Yesus kepadanya: “Tepat katamu, bahwa engkau tidak mempunyai suami, (18)sebab engkau sudah mempunyai lima suami dan yang ada sekarang padamu, bukanlah suamimu. Dalam hal ini engkau berkata benar.”



Si wanita samaria sudah dari dulunya, yang dia tau yang bisa memberi dia kehidupan yaitu sumur air Yakub. Tapi air tersebut tidak membuat dia hidup. Buktinya dia punya 5 suami, bahkan sekarang yang ada padanya bukan suaminya, dia tidak bisa merasa puas sehingga terus mencari. Jaman itu orang gak nimba jam 12 siang, bisa jadi itu skenario surga supaya wanita Samaria tersebut bisa ketemu Tuhan yang bisa memberi air kehidupan. 

Seringkali Tuhan ijinkan insiden-insiden dalam kehidupanmu hanya untuk memperkenalkan karakternya Tuhan.


Kalau kita minum dari sumber air yang benar tandanya adalah autorefill
Look inside of you, not outside of you.


Air apa yang dimaksudkan?

Yohanes 7:37-39 BIS 
(37)Pada hari terakhir dari perayaan itu, yaitu hari yang paling penting, Yesus berdiri di dalam Rumah Tuhan lalu berseru, "Orang yang haus hendaklah datang kepada-Ku untuk minum. (38)Mengenai orang yang percaya kepada-Ku, tertulis dalam Alkitab: 'Dari dalam hatinya mengalirlah aliran-aliran air yang memberi hidup.'" (39) (Yesus berbicara tentang Roh Allah, yang akan diterima oleh orang-orang yang percaya kepada-Nya. Sebab pada waktu itu Roh Allah belum diberikan; karena Yesus belum dimuliakan dengan kematian-Nya.)

Yesus berbicara tentang Roh Allah. Setelah kamu percaya dengan hati, mengaku dengan mulut, Yesus masuk dalam hidupmu, maka air itu ada di dalammu. Banyak orang berpikir Roh Kudus adalah hanya sebatas ide.Banyak orang yang gak tau bahwa Roh Kudus bukan cuma hanya ingin hidup di dalam kita tapi Dia ingin berkarya di dalam hidupmu agar hidupmu itu lebih hidup


Yohanes 6:63a (BIMK)
Yang membuat manusia hidup ialah Roh Allah.

Yang membuat kita hidup adalah Roh Allah, bukan apa yang kamu punya. Kekuatan manusia tidak ada gunanya.


Psalm 36:9 (AMP)
For with You is the fountain of life [the fountain of life-giving water];
In Your light we see light.


Hanya di dalam TUHAN dan di dalam Roh Kudus, Anda bisa mempunyai mata air kehidupan.

Hidup yang hidup, minum dari mata air kehidupan!
Pastikan air yang kita minum berasal dari mata air kehidupan, yaitu pribadi Roh Kudus yang ada di dalam kita. Stop looking outside of you, start asking from what you have inside of you. Kalau kita tidak mengusir Yesus dari hidup kita, maka Roh Kudus ada di situ.

Bahkan saat kita ingin berbuat dosa dan melanggar Firman Tuhan, Dia ada di situ untuk mengajarkan kita memilih kehidupan daripada kematian, memilih roh bukannya daging.
Roh Kudus layaknya seorang pribadi akan bisa mengenal melalui hubungan. Jika kita mulai membangun hubungan dengan Dia maka Dia akan activated.



Yohanes 14:16-17
(16)Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, (17)yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.



Setiap kali kita membaca Firman, maka Roh Kudus akan memimpin kita untuk mengenal kebenaran.
Daritadi kita berbicara tentang yang ada di dalam.
Berhentilah merubah luar, perbaiki dalamnya. Karena jika dalamnya mati, mau luarnya dipoles seperti apapun tidak akan hidup.



Yohanes 14:16-17, 25-26 
(25)Semuanya itu Kukatakan kepadamu, selagi Aku berada bersama-sama dengan kamu; (26)tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.



John 14:26 AMP
But the Helper (Comforter, Advocate, Intercessor--Counselor, Strengthener, Standby), the Holy Spirit, whom the Father will send in My name [in My place, to represent Me and act on My behalf], He will teach you all things. And He will help you remember everything that I have told you.


  • Kenapa Tuhan sebut Helper? Karena ada kalanya kita tidak bisa mengandalkan kekuatan kita.
  • Kenapa Dia disebut Comforter? Karena walaupun kita sudah penuh dengan Roh Kudus, semuanya tidak berjalan dengan mulus, maka Dia menghibur kamu.
  • Kenapa Dia disebut Advocate? Karena Dia selalu menjadi pembelamu
  • Kenapa Dia disebut Intercessor? Karena saat kita ingin berdoa tapi tidak terucapkan dengan ata-kata, Dia akan berdoa untuk kita.
  • Kenapa Dia disebut Councelor? Karena nasehat-Nya selalu menuju kepada hidup.
  • Kenapa Dia disebut Strengthener? Karena seseuai janji Tuhan, dalam kelemahan kitalah kuasanya penuh
  • Kenapa Dia disebut Standby? Karena Dia selalu siap sedia untukmu

Kalau kamu ingin semua "fitur" ini bekerja, kuncinya adalah di "Everything that I have told you". Roh Kudus membantu Anda untuk mengingat Firman Tuhan. Bahan dasar untuk Roh Kudus bekerja adalah Firman Tuhan. Minta bantuan Roh Kudus agar Anda bisa mengenal kebenaran.



Yohanes 6:63b (BIMK)
Kekuatan manusia tidak ada gunanya. Kata-kata yang Kukatakan kepadamu ini adalah kata-kata Roh Allah dan kata-kata yang memberi hidup.



Kata-kata siapa yang lebih sering kita dengar? Karena amunisi kita sedikit, baca Firman sedikit, gak aneh kalau bukan kata-kata Roh Kudus yang kita dengar, hidup kita gak lebih hidup.
Masalahnya, masalah itu datangnya rutin. Masalah datangnya disiplin. Jika kita tidak rutin dan tidak disiplin membaca firman, sedangkan masalah itu datangnya lebih rutin, maka kekhawatirannya adalah kita lebih mudah dikalahkan.


Hidup yang hidup makan Firman Kehidupan!



Matius 4:4 (AMD)
Jawab Yesus, Dalam Kitab Suci ada tertulis,‘Bukan hanya roti yang membuat manusia hidup,
tetapi hidup manusia bergantung pada kata-kata yang diucapkan oleh Allah.’


Apa itu roti? Semua yang bukan berasal dari Firman kehidupan yang bisa berupa opini, kritik, dsb. Buanglah semuanya itu. Makan hanyalah Roti Kehidupan.



Mat 4:4 (MSG)
Jesus answered by quoting Deuteronomy: “It takes more than bread to stay alive. It takes a steady stream of words from God’s mouth.”


Masalah datangnya steady, makan Roti kehidupannya rutin gak?


Yer 15:16 (BIMK)
Engkau berbicara kepadaku, dan aku mendengarkan setiap perkataan-Mu. Aku milik-Mu, ya Tuhan Allah Yang Mahakuasa, karena itu perkataan-perkataan-Mu menyenangkan dan membahagiakan aku. 


Saat kamu rutin dan disiplin membaca Firman, maka saat mendengar Firman itu akan jadi bagian terbaik dalam hidup Saudara tiap hari. Rasanya menyenangkan dan menghidupkan. Akan excited Roh Kudus mau bicara apa hari ini? Dimulai dari disiplin. Mengerti ataupun tidak, tetap baca. Be dicipline!


Yeremia 15:16 (ERV)
Your words came to me, and I ate them up. They made me very happy. I was glad to be called by your name, Lord God All-Powerful.




Wahyu 21:6
Firman-Nya lagi kepadaku: “Semuanya telah terjadi. Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Awal dan Yang Akhir. Orang yang haus akan Kuberi minum dengan cuma-cuma dari mata air kehidupan.


Yoh 7:37 (BIS)
Pada hari terakhir dari perayaan itu, yaitu hari yang paling penting, Yesus berdiri di dalam Rumah Tuhan lalu berseru, "Orang yang haus hendaklah datang kepada-Ku untuk minum.


Kamu tau bahwa kamu punya mata air kehidupan. Look within you, bergaul dengan Roh Kudus. Cuma perlu datang dan minum.


Air kehidupan : Roh Kudus 
Roti kehidupan : Firman kehidupan


Yakobus 4:8a (BIMK)
Mendekatlah kepada Allah, dan Ia akan mendekat kepadamu.


Inisiatif untuk datang pertama bukan dari Tuhan, bukan dari Roh Kudus, bukan dari Firman, tapi dari Saudara. Seakan Roh Kudus bilang Aku menanti kamu untuk datang, Aku bisa melakukan segalanya dalammu tapi Aku menanti kamu datang kepadaku.

Saat kamu lakukan dengan disiplin, maka tidak ada yang mematikan imanmu. Tidak ada kekuatiran, ketakutan, panik dan sebagainya. Karena Roh Kudus tinggal dalam engkau. Firman kebenaran tinggal dalam engkau. Kata - kata yang keluar dari mulutmu menghidupkan sehingga engkau bisa menjadi mata air bagi orang banyak.

No comments:

Post a Comment