Labels

Insight 10 Jan 2017

Start from 01 Jan 2017 I write both in Indonesian and English. 
Please scroll down for English version. Enjoy your reading!


Dari kemarin sampai hari ini, saya banyak berpikir. Berpikir lebih ke arah review diri. Karena bagaimana keadaan kita hari ini adalah akumulasi dari kejadian - kejadian yang lalu, terutama reaksi kita terhadap suatu keadaan.


Kemarin, insight yang saya dapat adalah apa yang saya alami. Saya belakangan ini moody banget dan itu tidak baik. Karena jadi dikuasai energi yang negatif. Setelah berbincang dengan teman saya, saya review kembali ke masa yang lalu.


Saya dapati, ternyata reaksi kita seperti mudah marah itu sebenarnya suatu pertanda dari diri kita untuk diri kita sendiri. Pertanda ada sesuatu yang tidak beres di dalam.
Kalau saya, yang saya alami adalah ternyata saya terlalu sering menolak perasaan atau pikiran saya sendiri. Ini mungkin yang jadi penyebab jika seseorang merasa tertolak, bukan karena ditolak keadaannya oleh orang lain, tapi menolak keadaannya sendiri.


Dan juga kendala selanjutnya adalah kurang jujur dan terbuka terhadap diri sendiri dan orang lain. Kita seharusnya jujur dengan diri sendiri, baik apa yang kita rasa ataupun kita pikirkan. Jujur saja tanpa ada polesan dan denial terhadap apa yang timbul terutama jika kasusnya bikin banyak mikir dan galau ya.


Karena kurang jujur, jadinya penyampaian isi hati dan pikiran ke orang lain pun tidak 100% keluar sehingga rasanya gak plong. Gak tuntas. Ini juga bisa jadi penyebab gejolak mood.
Apapun reaksimu terhadap suatu situasi terutama jika reaksi negatif (marah, sedih berlebih, minder, dsb) itu adalah sinyal untuk kamu review diri kamu sendiri. Cari penyebabnya kenapa kamu bisa sampai bereaksi seperti itu. Jujur terhadap diri sendiri dan sesudahnya jujur kepada Tuhan. Minta ampun dan lepaskan pengampunan ke diri sendiri dan ke orang yang melukaimu.



Hari ini, yang saya dapatkan adalah, seringkali kita merasa tidak mendapat kesempatan baik. Tapi yang jadi permasalahan sesungguhnya adalah kita menanti kesempatan datang dan selama menanti kita tidak melakukan apapun sehingga saat kesempatan itu datang, malah kita yang tidak siap menerima dan menghadapinya.. Seharusnya, bahkan sebelum ada kesempatan baik yang datang, kita yang terlebih dahulu mempersiapkan diri.


Selagi menanti, kembangkan talentamu, kembangkan dirimu. Sehingga saat kesempatan itu datang, kamu sudah siap.


Pengembangan diri itu akan terus berlanjut, tidak peduli kamu sudah sampai di tahap apa dan sudah umur berapa. Kita terus menerus mengembangkan diri untuk menjadi pribadi yang jauh lebih baik.
Saya berharap, di tahun yang baru ini, teman-teman juga mengalami proses pengembangan diri dan be strong!


GBU!



---------------------------------------- ******************** ----------------------------------------



Yesterday and today I thinked so much! More to self review. Because, wherever you are now is accumulation from what your decisions in your past time.
Yesterday, I got my insight from what I've gone through. Lately I'm so moody and it's not good because I'm driven by negative energy. After I had long chat with my friend, I review and look back to my own past.


What I got is, whatever your reaction to situation is a sign from yourself to yourself. What I understand is I often reject my own feeling and thinking. I deny my own thinking and feeling.
Maybe it's why people feeling rejected. The problem is they feel they are rejected by others. The truth is they rejected theirselves by deny what inside them.


The next thing is not honest to self. We should be honest and open to ourselves. Just frankly honest and denial to what you are thinking and feeling. Accept it first. Especially for thing that make you feel low.


If being dishonest, you will feel what your thinking or feeling can't come out 100%. So you will feel unclear. It can lead to mood swing.

Whatever your feeling especially the negative (such as anger, hate, curse others, lonely, sadness), is a signal to yourself so you can review and find out why you react with those feeling. Be honest to yourself when you find out about things that bothering you. After that, be honest to God. And after that, pray for forgiveness to yourself and to person who hurt you.


Today what I got is mostly people think they got no chance to great opportunity. The problem is, mostly people waiting for something to happen rather than growing up theirselves, so when it comes, you are not ready to facing and handling it.


You have to leveling up yourself. Continue grow your talents, keep growing yourself and be better.
No time to stop growing and preparing yourself. So, when the opportunity comes, you are ready.
I hope in this new year,  God will lead you so you can feel the progress and keep going! Be better and be strong when in progress.


GBU!

No comments:

Post a Comment