Labels

Ibadah 15 Jan 2017

Ibadah ke - 1
Kota Kasablanka
Ps John Bevere



Siapa yang percaya bahwa saat ini kita hidup di jaman akhir?
Murid Yesus pernah bertanya tentang ciri-ciri taau pertanda akhir jaman, Yesus jawab di matius 24.
Hari ini saya fokuskan di ayat 10-13.


Matius 24:10-13 (NKJV)
(10) And then many will be offended, will betray one another, and will hate one another. (11) Then many false prophets will rise up and deceive many. (12) And because lawlessness will abound, the love of many will grow cold. (13) But he who endures to the end shall be saved.


Kata bertambah banyak artinya mayoritas.
Ayat 10 mengatakan banyak yang akan tersinggung, saling mengkhianati dan saling membenci.
Ini adalah sebuah gerakan maju.
Jika ada orang yang tersinggung akan saling mengkhianati dan kalau tidak diatasi dengan baik akan saling membenci.
Bagaimana saya bisa tahu? Karena tertulis di amsal.

Amsal 18:19 (NKJV)
A brother offended is harder to win than a strong city
Masa di mana Raja Salomo menulis ayat tersebut adalah masa dimana ada tembok yang melindungi suatu kota untuk menjaga orang yang benci saudara tidak masuk.
Sama seperti orang yang tersinggung dan tidak mau disakiti lagi sehingga membangun tembok yang dibangun di dalam jiwa, pikiran dan hati kita.
Di perjanjian baru tembok ini dikatakan bentuknya berupa kubu-kubu pertahanan (strongholds).


Rasul Paulus berkata bahwa yang menyerang kita bukan cuma bersifat fisik tapi ada kekuatan yang menarik anda turun dan membentuk kubu pertahanan. Bahkan meruntuhkan segala alasan untuk berpikiran baik, menjatuhkan pikiran kita tentang Tuhan dan menawan pikiran kita akan ketaatan akan Tuhan.


Kubu pertahanan sesungguhnya melawan ayat firman Tuhan.
Ayat firman Tuhan tertanam dalam sifat alami Tuhan yaitu mengasihi dan kasih ingin memberi. Tapi orang yg tersakiti tidak ingin disakiti lagi sehingga mereka mengembangkan pikiran untuk melindungi dirinya dan fokusnya bukan keluar tapi melindungi diri sendiri sehingga menjadi kandidat yang tepat untuk mengkhianati orang lain.


Pengkhianatan terjadi saat pada saat kita mencari keuntungan atas kerugian orang lain. Orang yang melindungi dirinya di dalam pikirannya sendiri dengan mudahnya akan menjadi kandidat yang sempurna untuk melakukan pengkhianatan.
Dan suatu pengkhianatan adalah sesuatu yang menyakiti hubungan tersebut dan tidak diragukan lagi akan berubah menjadi kebencian jika tidak diatasi dengan baik.


Saat ini banyak orang kristen yang tidak mengerti apa arti kata benci.
Benci artinya mengasihi lebih sedikit (love less).
Seseorang bisa membenci dan tanpa memiliki perasaan atas hal tersebut.
Orang yang membenci adalah orang yang tidak mengenal Yesus.


Rasul Yohanes berkata orang yang membenci saudaranya sama seperti membunuh orang tersebut.
Yesus berkata nabi palsu akan menjadi penipu.
Siapa yang ditipu dan akan bangkit jadi pembenci dan menjadi orang yang tersinggung tersebut?


Ketersinggungan adalah tempat sangat subur untuk pengkhianatan dan penipuan terjadi. Hanya satu hal yang sangat penting yaitu saya memutuskan untuk ditipu. Yesus berkata karena kedurhakaan akan bertambah. Durhaka artinya tidak menundukkan diri atas otoritas Tuhan.
Karena kedurhakaan akan tumbuh dari ketersinggungan.
Yesus berkata kasih akan jadi dingin tapi siapa bertahan dalam kasih Tuhan akan selamat.


Kamu tidak mungkin berkata kepada orang bukan percaya tentang jika bertahan sampai kesudahannya maka kamu akan selamat. Yesus berbicara tentang hal ini kepada orang percaya. Kita tahu hal ini dengan pasti karena bahasa Yunani yang dipakai untuk kata kasih adalah agape dan hanya orang kristen yang memiliki agape.


Yesus berkata akan banyak hal yang menyakitkan di hari-hari akhir ini yang membawa kepada pengkhianatan dan kebencian, tipu muslihat timbul, kasih akan jadi dingin, tapi siapa yang bertahan sampai kesudahannya akan selamat.


Seseorang yang sangat dekat adalah orang yang paling bisa menyakiti Anda karena pengharapan Anda lebih tinggi terhadap orang tersebut. Jika orang lain yang menyakiti kita, tidak apa, tapi kalau orang yang dekat dengan kita yang menyakiti kita, itu akan sangat melukai kita, misalkan ayah - ibu kita, suami - istri, sesama saudara.


Orang kristen yang tersinggung bisa dibagi menjadi 2 kategori:
1. Those have been genuinely mistreated
2. Those who think they have been mistreated


Kita tidak mau berhubungan dengan orang di kategori nomor 2 karena mereka tidak mempunyai informasi yang akurat atau mereka punya informasi yang akurat tapi tidak dapat menterjemahkannya. Tapi, saya mau berurusan dengan kategori nomor 1 karena mereka benar-benar diperlakukan dengan salah. Jika kita sungguh salah diperlakukan apakah kita berhak tersinggung? Jawabannya, iya, Anda berhak lakukan apapun, karena kita diberikan kehendak bebas/free will oleh Tuhan. Wajar jika kita marah dan tersinggung. Tapi, jika ingin berjalan bersama Tuhan, jangan memilih untuk tersinggung.


Berapa banyak dari kita yang bilang "kamu tidak tahu apa yang dia telah perbuat kepada saya!"
Sesungguhnya, Anda juga tidak tahu apa yang sudah Anda lakukan kepada Yesus.
Seseorang yang tidak bisa mengampuni adalah orang yang sudah lupa bahwa diri mereka juga sudah diampuni. Kita selayaknya dibakar dalam neraka atas apa yang sudah kita lakukan terhadap Tuhan dimulai dari adam dan hawa, itu adalah upah yang adil bagi kita.


Tapi Tuhan memilih melakukan segala sesuatu untuk mengampuni kita bahkan dari sebelum kita minta pengampunan. Tuhan bukan hanya mengampuni, Dia bahkan membayar harganya agar kita diselamatkan. Tuhan sudah mengampuni kita bahkan dari sebelum kita minta pengampunan. Kita diampuni dari kesalahan yang tidak terampuni. Itu sebabnya saya berkata bahwa orang yang tidak bisa memaafkan adalah orang yang sudah lupa bahwa dirinya juga sudah diampuni.



Ini bukan cuma sekedar teroi bagi saya. Pengalaman pribadi saya, ada seorang pria yang begitu dekat bahkan lebih dekat dari ayah saya. Dia mengatakan sesuatu yang sangat menyakiti saya dan sangat jelas sekali sehingga orang di komunitas saya menanyakan apakah saya baik-baik saja. Apa yang terjadi adalah saya terlalu sombong untuk mengakui bahwa saya terluka karena menurut saya mengakui terluka adalah suatu kelemahan dan saya tidak mau terlihat lemah, jadi saya abaikan. Tapi beberapa bulan kemudian, lama kelamaan hati saya jadi dingin, pelayanan jadi cuma suatu rutinitas dan pekerjaan bagi saya.


Saya merasa dingin dan kehadiran Tuhan tidak dapat dirasakan dan ditemukan dalam hati saya. Suatu hari saya bertanya kepada Tuhan apakah saya terluka karena saya merasakan begiitu sakit? Tuhan jawab ya! Dan saya minta tolong kepada Tuhan. Beberapa hari kemudian saya bertemu dengan orang yang menyakiti saya, lalu hati saya mulai membuat saya menangis dan berkata saya sudah mengampuni dia.


Beberapa minggu kemudian saya lihat dia lagi dan saya berpikir kenapa dia bisa diberkati padahal dia lakukan ini itu kepada saya dan saya pulang sambil memikirkan itu. Apapun yang saya lakukan, saya memikirkan hal ini bahkan saya bicarakan kepada istri saya sampai saya merasa takut.
Saya sudah mengampuni dia tapi kenapa saya masih merasa tersiksa??


Ada 1 prinsip yang tidak saya mengerti.

Kisah 24:16 (KJV)
And herein do I exercise myself, to have always a conscience void of offence toward God, and toward men.


Ada beberapa hal yang akan membuat kita tidak suka dan mendorong kita ke belakang tapi tidak membuat kita luka. Namun ada hal yang membuat kita terluka dan luka itu tidak hilang dalam 1 malam. Tapi, kalau luka tidak diobati dengan benar maka tidak akan sembuh.


Saya memilih Ruben menjadi volunteer untuk peragaan karena jika saya mendorong dia maka dia tidak akan terluka, kalau saya memilih salah 1 dari kalian, kalian bisa terluka. Kenapa? Karena saya tahu Ruben latihan dan kuat secara fisik.


Saya pernah terluka saat mendaki tembok dan saya perlu menjumpai terapi fisik. Terapis saya berkata saya bisa terluka saat memanjat karena saya kurang latihan. Saya jadi berpikir, ada orang - orang yang lemah secara rohani dan tidak membangun roh mereka. Mereka tidak berdoa, tidak membaca firman sehingga roh mereka lemah sehingga mudah terluka.,


Apa yang alkitab katakan tentang orang seperti itu?
Berbahagialah orang yang mengasihi firman Tuhan karena tidak ada yang akan melukai mereka.


Bagaimana kita latihan?
Matius 5:44 (CEV)
But I tell you to love your enemies and pray for anyone who mistreats you.


Mazmur 35:11-14 (TEV)
(11) Liars accuse me of crimes I know nothing about. (12) They repay evil for good, and I feel all alone. (13) When they were sick, I wore sackcloth and went without food. I truly prayed for them, (14) as I would for a friend or a relative. I was in sorrow and mourned, as I would for my mother.


Berdoalah bagi orang yang menyakiti Anda. Beberapa orang percaya pada satu kebohongan bahwa hanya doakan sesuatu yang terasa enak. Salah! 
Saat saya latihan fisik untuk lutut saya, rasanya tidak enak.
Saudara berdoa untuk sesuatu yang benar belum tentu rasanya enak.
Saya berdoa untuk orang yang mengasihi saya, awalnya terasa berat. Tapi seiring waktu saya mulai bersemangat dalam mendoakan dia. Beberapa minggu kemudian saya disembuhkan.
Beberapa minggu kemudian saya bertemu dengan orang itu lagi, ada sesuatu yang muncul di hati saya dan saya berpikir apalagi ini? Istri saya menyuruh saya untuk menghampiri orang itu. Saya menolak. Saya bertanya pada Tuhan apakah saya perlu datang kepada dia? Tuhan bilang iya sesuai firman Tuhan tentang mendatangi saudara kita yang menyakiti kita. Firman ini adalah firman yang sering disalahartikan atau disalahgunakan untuk menghampiri orang yang menyakiti kita dan mengatakan seberapa buruk orang itu menyakiti Anda.
Harusnya Anda datang untuk rekonsiliasi!


Tuhan mengampuni kita saat di kayu salib bahkan sebelum kita minta ampun. Apa yang terjadi kalau Tuhan mengampuni kita setelah kita minta maaf? Kita pasti sudah di neraka!


Apa yang membawa kita kepada repentance? Goodness and kindness of God.


Dulu saya pertama lihat orang ini, rasanya dia tidak pernah berbuat kesalahan maka saya mengasihi dia, ini adalah kasih yang tidak dewasa. Saat saya melihat kesalahan yang diperbuatnya, saya tidak mengasihi dia lagi, ini juga adalah kasih yang tidak dewasa. Sekarang, saya bisa melihat kesalahan yang diperbuatnya, tapi saya masih mengasihi dia, ini adalah kasih yang dewasa.
Saya mampu tetap mengasihi orang tersebut pastinya karena kasih Tuhan. Karena kasih Tuhan mampu menutupi segala sesatu.

Lukas 17:1 (NKJV)
Then He said to the disciples, “It is impossible that no offenses should come, but woe to him through whom they do come!

Kalau Anda masih bernafas, Anda masih bisa masuk dalam ketersinggungan.
Apa yang akan Anda lakukan? Apakah Anda akan menjadi le bih kuat atau sebaliknya?
Kata yunani untuk offense adalah skandalon yang artinya "a trap-trick", contohnya perangkap.
Umpan dimasukkan dalam jebakan untuk menarik Anda untuk masuk dan berada dalam tawanannya.


Dalam 2 timotius berkata bahwa orang yang terluka melakukan kehendak setan.
Orang yang terluka bukan mengeluarkan air kehidupan tapi air yang penuh kepahitan.
Apakah Anda punya hak unntuk tersinggung? Anda berhak melakukan apapun karena Anda diberikan kehendak bebas oleh Tuhan.
Tapi, jika Anda ingin bebas dan berjalan bersama Tuhan, Anda tidak punya hak untuk offended.

No comments:

Post a Comment